X-tra

Perak, Warna Terpopuler 10 Tahun Terakhir

TROY, 16 Oktober 2010 KOMPAS.com – Menurut produsen cat mobil terkemuka PPG, warna perak menjadi pilihan terpopuler di dunia selama 10 tahun terakhir. Di Amerika Utara, kepopulerannya, termasuk juga abu-abu terang, naik menjadi 31 persen dari seluruh populasi mobil.Berarti, ada peningkatan dari tahun sebelumnya yang 25 persen dan 20 persen pada 2008.

Sementara hitam dan putih berada di posisi kedua, sama-sama mencatat 18 persen, diikuti merah (11 persen), biru (10 persen), warna alami seperti coklat, emas, jingga dan kuning (8 persen) serta hijau (4 persen). Padahal, pada 1994 hijau menjadi warna paling populer di Amerika Utara dengan 21 persen, sementara perak hanya 8 persen.

Perak dan abu-abu juga paling tinggi peminatnya di Eropa (32 persen) maupun Asia-Pasifik (33 persen). Di Benua Biru, hitam yang menduduki posisi kedua (24 persen) justru lebih tinggi dibanding di Asia-Pasifik 19 persen. Putihnya pun yang berada ketiga (20) masih lebih tinggi 1 persen.

Bagaimana warna lain? di Eropa, biru (10 persen), merah (9 persen), alami (5 persen), hijau (1 persen) dan warna lainnya satu persen. Di Asia-Pasifik, kepopuleran merah (10 persen), biru (8 persen), warna alami (6 persen), warna lain-lain (4 persen) dan terakhir hijau (2 persen).

Warna perak kian popular karena dianggap dapat mempertegas sosok mobil memunculkan kurva desain yang lebih kuat dibandingkan warna lain.

“Warna adalah komponen penting yang digunakan produsen mobil untuk menentukan dan membedakan produk atau merek mereka di pasaran,” ujar Jane E. Harrington manager di PPG. Pilihan warna yang dikembangkan untuk pasar otomotif, lanjutnya, dipengaruhi oleh budaya, alam, fashion, film, media, perangkat elektronik dan banyak produk konsumen lain.

Masih menurut Jane, warna juga menggambarkan deskripsi pertama tentang mobil Anda. Semakin murah mobil, pilihan warnanya semakin berani. “Jika Anda membeli mobil mewah, pasti tidak akan memilih kuning sebagai warnanya,” ujar Jane.

belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.

Bodi Mobil Masa Depan Juga Berfungsi sebagai Baterai

Sabtu, 25 September 2010

 

Volvo Cars

Konsep pengembangan materi bodi mobil yang juga berfungsi sebagai baterai

GÖTEBORG, KOMPAS.com — Bayangkan kalau seluruh bodi mobil adalah baterai yang bisa diisi! Baterai yang menyimpan energi ketika mobil direm atau ketika dicolokkan ke stop kontak listrik di rumah atau tempat pengisian lainnya (charger). Ide yang hebat! Menurut para ahli Volvo Cars di Swedia, ide tersebut bisa saja menjadi kenyataan. Pasalnya, para ahli dan insinyur mereka saat ini memang sedang melalukan tes mengkaji visi tersebut untuk diwujudkan. Dijelaskan, Volvo merupakan satu dari sembilan peserta dalam proyek pengembangan materi ini dengan melibatkan para ahli lintas negara atau internasional. Ide itu muncul karena pengembangan mobil hibrida dan listrik menghadapi tantangan berat pada baterai. Saat ini, baterai yang digunakan terlalu besar dan berat. Akibatnya, bobot mobil bertambah dan menyebabkan efisiensi kurang. Untuk itu, pada awal tahun ini, Imperial College di London bersama 9 perusahaan Eropa dan lembaga lainnya membentuk proyek pengembangan materi baru tersebut. Untuk perusahaan otomotif, hanya Volvo yang dilibatkan. Dijelaskan pula, proyek ini mendapatkan bantuan 3,5 juta euro dari Uni Eropa. Targetnya, mengembangkan campuran serat karbon komposit dengan resin polimer. Materi ini nantinya bisa menyimpan dan menghasilkan energi lebih cepat dibandingkan baterai konvensional. Pada saat yang sama, sifat lain yang dikembangkan terhadap materi ini adalah bahan tersebut harus sangat kuat dan lentur agar bisa dibentuk menjadi panel bodi mobil. Berdasarkan perhitungan dari para ahli yang terlibat, panel dengan materi baru tersebut akan mengurangi bobot mobil 15 persen. HP dan laptop
Awalnya, ide tersebut muncul untuk menggunakan tempat ban serep yang kosong buat baterai. “Ruang yang relatif besar tersebut bisa dimanfaatkan untuk menempatkan baterai, tetapi ternyata masih kurang untuk memperoleh energi yang lebih besar. Kalau cuma untuk mematikan-menghidupkan mesin saat mobil tidak jalan, misalnya saat menunggu lampu kembali hijau, pemanfaatan ruang ban serep untuk baterai cukup,” papar Per-Ivar Sellergren, insinyur pengembangan pada Volvo Cars Material Centre. Dijelaskan pula, target Volvo berpartisipasi dalam proyek ini adalah untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangan materi yang dikembangkan tersebut. “Kami ingin berbagi pengalaman teknologi yang akan disatukan di masa yang akan datang. Kami bisa menyumbangkan ide-ide keuntungan dan kekurangan dalam bentuk biaya dan kemudahan penggunaannya,” lanjut Per-Ivar. Ditambahkan, “Hampir setiap hari saya membaca bahwa ide-ide tentang teknologi ini dapat digunakan atau terus dikembangkan. Potensinya sangat luar biasa dan banyak orang tertarik.” Jika proyek ini sukses, maka lingkup penggunaannya sangat luas. Misalnya, telepon selular akan menjadi lebih tipis seperti kartu kredit dan laptop juga semakin enteng.

belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.balimobilbaru.

Ingin Mobil Irit Bahan Bakar Saat Mudik? Perhatikan Cara Ini

Kamis, 02 September 2010
foto

Ribuan pemudik dengan mobil pribadi antre untuk masuk kapal Fery di Pelabuhan Merak (28/9). Foto: TEMPO/Dimas Aryo.

TEMPO Interaktif,Pemudik dengan menggunakan mobil pribadi pada lebaran kali ini diperkirakan mencapai 13,6 juta mobil. Bisa dibayangkan seperti apa kondisi jalanan di saat mudik nanti. Jalanan macet, sudah pasti. Kondisi seperti itu tentu saja akan membawa dampak terhadap konsumsi bahan bakar mobil anda. Terlebih bila cara berkendara dan kondisi mesin mobil tidak mendukung usaha untuk menghemat bahan bakar. “Karena gaya berkendara yang salah, kondisi mesin yang menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna, dan beban yang disangga mobil melebihi ambang batas merupakan penyebab borosnya konsumsi bahan bakar,” ungkap Glori Hervianto, pebalap yang juga instruktur safety driving di sebuah perusahaan ban di tanah air kepada Tempo di Jakarta, Rabu (1/9) malam. Glori menyebut ada empat hal yang wajib diperhatikan oleh calon pemudik yang menggunakan mobil sebelum menjalani prosesi kegiatan tahunan itu, agar mobil yang digunakan irit bahan bakar. 1. Jangan menghentak gas Baik di jalanan macet maupun di saat jalanan lengang sebaiknya jangan menginjak pedal gas dengan menghentak bila ingin menambas kecepatan mobil. Pasalnya, di saat gas dihentak maka bahan bakar yang dihisap dan masuk ke ruang bakar juga semakin banyak. “Padahal, putaran mesin belum tinggi. Walhasil, tidak semua bahan bakar yang masuk itu terbakar atau terbuang percuima. Ini tentu pemborosan,” terang Glori. Sebaiknya anda menjaga gaya menginjak pedal gas secara halus dan konstan. 2. Sesuaikan posisi gigi dengan putaran mesin Hal lain yang patut diingat agar mobil tetap irit bahan bakar adalah, sesuaikan posisi gigi dengan putaran mesin. Jangan memposisikan gigi di tingkat tinggi di saat putaran mesin rendah. Sebab, dengan posisi gigi tinggi di saat putaran mesin rendah sama halnya memaksa mesin untuk mendorong beban yang lebih berat. Bila hal itu terjadi maka tenaga yang butuhkan mesin juga semakin besar. Sementara untuk menghasilkan tenaga juga dibutuhkan bahan bakar lebih banyak. Sebaiknya rpm sesuai dengan spesifikasi kendaraan. “Dan untuk mengetahui berapa rpm masing-masing kendaraan lihat buku manual atau di brosur kendaraan. Disitu selalu dicantumkan berapa torsi maksimum dalam rpm,” terang pria yang beberapa kali memenangi reli nasional itu. 3. Ikuti gaya elang terbang Cara berkendara yang hemat bahan bakar adalah dengan meniru gaya elang di saat terbang. Seperti diketahui, elang yang terbang hanya beberapa kali saja mengibaskan sayapnya untuk mengayuh langkah maju. Setelah itu, burung ini hanya mengepakkan sayap dan mendiamkan sayap untuk tetap maju. “Cara seperti itu bisa ditiru untuk menghemat sedotan bahan bakar ke ruang bakar. Caranya, di saat mobil melaju di jalanan yang sedikit menurun lepaskan pedal gas dan injak pedal kopling, sehingga mobil tetap melaju kencang,” ujar Glori. 4. Periksa emisi gas buang Langkah ini dibutuhkan untuk memastikan apakah di mesin banyak kandungan hidrokarbon (HC) serta gas karbonmonoksida (CO). Bila kandungan kedua unsure itu tinggi, maka bisa dipastikan proses pembakaran di ruang bakar tidak berjalan sempurna. Banyak bahan bakar yang dihisap ke ruang itu yang terbuang percuma. Sehingga, konsumsi bahan bakar pun melebihi dari takaran yang seharusnya saat mesin mobil normal. Cara mengatasi hal ini adalah, dengan membersihkan mesin dari unsure itu dan mau tidak mau anda harus melakukan turun mesin. 5. Jangan membawa beban melebihi anjuran Setiap mobil dirancang dengan memperhitungkan kapasitas atau kemampuan menyangga beban tertentu. Sehingga bila beban yang diangkut melebihi kapasitas yang seharusnya, maka tenaga yang dibutuhkan mobil juga berlipat. Akibatnya, bahan bakar yang digunakan untuk menghasilkan tenaga juga lebih besar. Selain itu, bila anda ingin membawa barang bawaan dan ditempatkan diatap, sebisa mungkin barang bawaan itu tidak berpengaruh banyak terhadap aspek aerodinamika mobil. Sebab, penempatan barang yang tidak tepat akan menahan terpaan angin dan menjadikan beban yang disangga mobil semakin berat. Bila anda ingin menggunakan arak atap atau roof rack buatan pabrik, maka pastikan bentuk dan ukuran peranti itu tidak mengurangi sifat aerodinamis. 6. Periksa tekanan angin ban Faktor lain yang juga turut menyebabkan mobil boros bahan bakar adalah tekanan angin ban yang kurang dari ukuran yang disarankan pabrikan. Selain menyebabkan mobil berat melaju, tekanan angin yang kurang juga berpotensi menyebabkan ban pecah dan kecelakaan. “Untuk menambah tekanan angin ban sebaiknya dilebihi sedikit antara 2 – 3 psi dari anjuran. Jangan lebih dari itu, karena bila terlalu keras justeru ban akan membal dan menyebabkan mobil tidak stabil saat digeber,” papar Glori. Itulah beberapa tips untuk menghemat bahan bakar di kala menjalani prosesi mudik menuju kampung halaman.

belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.balimobilbaru

APRC 2010: Rifat Kampiun di New Caledonia

Dapurpacu on August 30, 2010 RifatPodium 460x305 APRC 2010: Rifat Kampiun di New Caledonia
NEW CALEDONIA (DP) — Rifat Sungkar berhasil menjadi yang terbaik di Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2010 putaran kelima. APRC ini berlangsung di New Caledonia pada 27-29 Agustus dengan total jarak 634, 87 kilometer dibagai dalam 19 SS (special stage). Rifat yang didampingi navigator Scott Beckwith menjadi yang tercepat di leg pertama. Sayangnya, pereli yang mengusung bendera Pertamina Prima XP Rally Team ini gagal mendominasi di leg kedua. Pada leg kedua pereli asal Australia, Brendan Reeves, mengungguli Rifat, yang melorot pada posisi kedua. “Pada leg kedua, Rifat melakukan start pertama, saya memutuskan untuk lebih hati-hati, pasalnya track cukup licin,” ungkap Rifat yang menunggangi Mitsubishi Evo IX. Pada leg ketiga yang menyelesaikan 5 SS, Rifat mengalami tiga kendala, yakni 3 kali ban kempes. Memasuki SS 19 atau SS terakhir dengan jarak 23,98 km pada 12 kilometer sisa, Rifat mengalami kecelakaan di sebuah tikungan dengan menabrak pohon dan batu. Beruntung dia bisa kembali ke track dengan roda belakang miring dan finish. Juara direbut oleh Brendan Reeves yang unggul 5 menit dari Rifat. Karena Reeves bukan pereli terdaftar APRC, Rifat dinyatakan sebagai juara diikuti Alain Dalstein dan  Stephane Lechanteur. Dengan hasil ini membuat posisi Rifat di klasemen menyodok ke peringkat tiga dengan 69 poin. Peringkat pertama masih dipegang Katsu Taguchi dengan 100 poin, di tempat kedua Gaurav Gill (97 poin). [dp]

RifatPodium 100x100 APRC 2010: Rifat Kampiun di New Caledonia
RifatMobila 100x100 APRC 2010: Rifat Kampiun di New Caledonia
RifatMobilb 100x100 APRC 2010: Rifat Kampiun di New Caledonia
Rifatmobilc 100x100 APRC 2010: Rifat Kampiun di New Caledonia

belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru

Mobil Hybrid Diesel Pertama

peugeot hybrid4 3 460x306 Mobil Hybrid Diesel Pertama

PARIS (DapurPacu) — Memasuki usia ke-200 Peugeot membuat gebrakan fenomenal. Pabrikan asal Prancis itu merilis Peugeot 3008 HYbrid4, yang diklaim sebagai mobil hybrid diesel pertama di dunia.

3008 HYbrid4 berbasis 3008 crossover. Pada 2008, Peugeot 3008 HYbrid4 muncul dalam bentuk konsep Peugeot Prologue Hybrid4 untuk pertama kalinya. Seperti halnya 3008, 3008 HYbrid4 merupakan perpaduan gen SUV, MPV, saloon, compact MPV dan coupe.

Peugeot mengawinkan mesin 2.000 cc, HDi, bertenaga 163 hp dengan satu motor listrik 37 hp. Ketika berakselerasi dan sentakan tenaga dibutuhkan kombinasi kedua sumber tenaga tersebut menyuplai tenaga maksimal 200 hp dan torsi 500 Nm (300 Nm HDi dan 200 Nm motor listrik).

Dengan perpaduan tersebut Peugeot mengklaim 3008 jauh lebih irit daripada mobil hybrid bensin. Konsumsi bahan bakar 3008 HYbrid4 hanya 31,65 km/liter dan mengeluarkan emisi CO2 99 gram/km. Sementara ikon mobil hybrid, Toyota Prius, meminum 1 liter bensin untuk menempuh jarak 25,64 km. Prius unggul dalam emisi gas buang, yakni 89 gram/km.

Pengemudi mobil bertransmisi manual 6-speed ini dapat memilih empat mode pengendaraan; Auto, ZEV (Zero Emission Vehicle), 4WD, dan Sport.

Saat memilih mode Auto, semua sistem terkontrol secara elektronik (HDi dan motor listrik). Mode ini menyuguhkan berkendara optimal dalam hal konsumsi bahan bakar dan perfoma.

ZEV menyediakan pengendaraan dengan hanya bermodal motor listrik. Biasanya mode ini digunakan ketika mobil berkeliaran di dalam kota atau kompleks perumahan. ZEV menghasilkan pengendaraan tanpa suara dan zonder emisi.

Mode 4WD (4-wheel-drive) menginstruksikan semua rodanya bergerak. Kedua roda depan diputar HDi. Kedua roda belakang ditenagai motor listrik. Mode ini memberikan rasa aman ketika mobil melintasi permukaan jalan yang licin/basah, salju, atau lumpur.

Terakhir adalah mode Sport. Anda bisa merasakan perpindahan gear yang cepat seperti layaknya sports car. Mode Sport mengaktifkan sistem 4WD.

Masih ada satu fitur lagi yang dimiliki 3008 HYbrid4 untuk menghemat konsumsi bahan bakar dan menekan emisi karbondioksida. Peugeot membenamkan sistem Start & Stop yang membuat HDi dalam posisi standby ketika berhenti di lampu merah atau kemacetan.

Untuk menciptakan 3008 HYbrid4, Peugeot menggandeng beberapa suplier terkenal. Sanyo dipercaya sebagai penyuplai baterei Ni-MH (Nickel Metal Hydride) yang tersimpan di bawah lantai bagasi, dekat motor listrik. Sedangkan Bosch berkontribusi dalam sistem pengereman ABS dan ESP, motor listrik dan lain-lain.

Dua pabrik Peugeot di Sochaux dan Mulhouse akan memproduksi 3008 HYbrid4. Peugeot akan melemparnya ke pasar pada musim semi 2011. [dp]

belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru.belimobilbaru

Cadillac Kembangkan Teknologi Bebas-Kecelakaan

Dapurpacu on August 30, 2010

CadilacantiKecelakaan Cadillac Kembangkan Teknologi Bebas KecelakaanDETROIT (DP) — Cadillac sejak lama menjadi inovator dalam teknologi keselamatan (safety), tetapi inovasi berikutnya benar-benar bisa menjadi lompatan maju menuju masa depan mobil yang bebas kecelakaan.

John Capp, Director Global Active Safety  Cadillac, mengatakan teknologi masa depan yang dipakai mobil-mobil Cadillac dimungkinkan menggunakan radar Doppler di mana bisa mengenali penghalang di jalan atau kemacetan. Lebih jauh, Capp melihat mobil-mobil dapat berkomunikasi satu dengan yang lain, sinyal lalu lintas, gedung.

“Kami melihat bahwa semua pengembangan bergerak menuju mobil-mobil tanpa tabrakan. Kami sedang bekerja mengembangkan teknologi-teknologi keselamatan canggih untuk Cadillac. Teknologi-teknologi ini bisa membuat pengemudi waspada terhadap potensi bahaya-bahaya di sekitarnya,” kata Capp.

Cadillac telah mengembangkan teknologi-teknologi yang semakin dekat dengan teknologi anti-tabrakan. Capp dan timnya membenamkan teknologi keselamatan aktif yang dapat menyelamatkan manusia pada Cadillac STS Platinum 2010.

Teknologi-teknologi tersebut meliputi Lane Departure Warning, Blind Spot Alert, dan Adaptive cruise control.

Lane Departure Warning System  yakni, sistem deteksi jalur/lintasa berbasis kamera berbasis yang memperingatkan pengemudi ketika pengemudi meninggalkan jalur/lintasan  tanpa isyarat. Sebuah kamera terpasang di kaca spion tengah yang berfungsi mengidentifikasi tanda-tanda jalur/lintasan dan memberikan peringatan melalui suara.

Blind Spot Alert, dua radar  yang mendeteksi objek yang berada di dalam zona tak terlihat (blind zone) mobil kita dan memberikan peringatan visual di spion samping.

Adaptive cruise control, sensor-sensor fitur ini dapat mendeteksi objek-objek yang berada di depan mobil di dalam jalur, dan secara otomatis memperlambat mobil untuk menghindari tabrakan.[dp]

 

cadillac sts 100x100 Cadillac Kembangkan Teknologi Bebas Kecelakaan
CadilacantiKecelakaan 100x100 Cadillac Kembangkan Teknologi Bebas Kecelakaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s